Rangkain sensor suhu temperature sederhan menggunakan NTC Thermistor

 


Rangkaian sensor suhu menggunakan NTC (Negative Temperature Coefficient) dan transistor BC547 adalah rangkaian sederhana yang dapat digunakan untuk mengukur suhu dan memberikan keluaran tegangan yang bervariasi berdasarkan suhu yang terdeteksi. Rangkaian ini juga bisa diaplikasikan untuk saklar pembatas suhu seperti penghangat kandang, penghangat ruangan, inkubator, mesin tetas telur dan lain sebagainya.

Disini kami hanya berbagi rangkaian sederhana yang mungkin bisa di kembangkan untuk keperluan tertentu.


Komponen utama yang digunakan:


NTC Thermistor: NTC adalah sensor suhu yang resistansinya berubah seiring dengan perubahan suhu. Ketika suhu naik, resistansinya menurun, dan sebaliknya.

Transistor BC547: Transistor jenis ini digunakan dalam konfigurasi sebagai penguat untuk mengubah perubahan resistansi NTC menjadi perubahan tegangan yang dapat diukur.


Cara kerja:


NTC Thermistor: Ketika terpapar suhu, resistansi NTC berubah. Nilai resistansi menurun dengan kenaikan suhu dan naik dengan penurunan suhu.

Transistor BC547: Transistor digunakan sebagai penguat untuk mengubah perubahan resistansi NTC menjadi perubahan tegangan yang dapat diukur.


Dan untuk selengkapnya kalian bisa tonton videonya hingga selesai, jangan lupa subscribe, like, sharea dan komen chanel teknisi amatir tegal serta follow blogspot kami supaya berkembang dan bisa memberikan tema yang menarik lagi untuk kalian semua.

Terimakasih sudah bergambung, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Salam Teknisi Amatir Tegal......

source :
@teknisiamatirtegal (youtube Chanel)





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama