Cara Menghubungkan Joystick PS3 dengan Android





Assalamu'alaikum wr.wb...
Haii Sobb.... apa kabar nih.... Nggak berasa sudah lama vakum di bloger,.. Kali ini Kami akan membagi pengalaman, tips dan trik tentang Device Android dan perangkat lainnya.

Untuk Menghubungkan Joystick PS3 ke HP / Tablet Android yang sering Kami praktekan itu ada dua cara. Yaitu dengan menggunakan kabel usb dan tanpa menggunakan kabel usb alias menngunakan Bluetooth. Namun Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips cara menghubungkan Joystick PS3 [Bluetooth] dengan HP / Tablet Android tanpa menggunakan kabel. Tips ini bukan murni tanpa menggunakan kabel ya sobb... hanya saja kita perlu kabel untuk mensetting joystick menngunakan komputer / Laptop sob..,
yang dimaksud tanpa kabel itu koneksi antara Joystick PS3 dengan androidnya sobb... :D
Sobat juga bisa lihat video atau postingan Kami sebelumnya tentang "Cara bermain Game dengan Joystick PS3 di Android tanpa Root dengan menggunakan kabel". Supaya lebih jelas dan paham simak tahap tahap penjelasan berikut dengan teliti.

Bagi yang suka nge game, memang ada sensasi tersendiri jika menggunakan Joystick saat bermain game di ponsel android. Selain nyaman saat di pegang, dengan cara ini juga bisa menjadikan ponsel atau HP android kalian lebih awet. Kok bisa awet???   iya,  Karena mencet mencetnya ga di Touch Screen lagi, tapi di Joystick... wkwkwkw... [pengalaman lagi main game lagi gregetnya sampe touch screen jebol...wkwkwkw]



Oke langsung saja sobb.., untuk menghubungkan Joystick PS3 dengan Tablet atau Ponsel Android kita membutuhkan Aplikasi bernama SIXASIS PAIR TOOLS. Aplikasi ini Ada dua macam sobb...
Sixasis Pair Tools.exe untuk Komputer/ Laptop dan Sixasis Pair.apk Untuk Tablet atau Ponsel Android sobat....

Sebelum Kami jelaskan fungsi dari aplikasi tersebut, Ada beberapa persyaratan untuk dapat mengkoneksikan antara Joystick PS3 dengan HP Android, diantaranya sebagai berikut :
1. Ponsel kalian Sudah di ROOT. [ ]
2. Download Aplikasi Sixasis [untuk Laptop Window*] [download]
3. Download Aplikasi Sixasis [untuk Andrid] [download]


Langkah ke 1

1. Instasll aplikasi Sixasis.exe pada Laptop/ Komputer kalian. [extrax jika file masih .RAR/ZIP].

2. Instasll aplikasi Sixasis.apk pada Android. [extrax jika file masih .RAR/ZIP]


Langkah ke 2

Samakan MAC Address Bluetooth antara Joystick PS3 dengan Ponsel Android kalian.
Sobat catat dulu Mac Address Bluetooth Ponsel android kalian, Dengan cara : Aktivkan Bluetooth, Buka menu setting atau pengaturan > Pilih Tentang Ponsel > Pilih informasi Ponsel > Pilih Informasi sinyal jaringan dan lainnya [setiap ponsel berbeda beda]. Catat Mac Addres Blutooth nya.

1. Buka aplikasi Sixasis pair tool pada Komputer.
2. Colokan Joystick PS3 menggunakan kabel USB.
3. Isikan Mac Address yang di catat tadi pada kolom yang tersedia. [Seperti pada gambar dibawah].
4. Klik UPDATE.  [Pada tahap ini Pengaturan pada joystick sudah selesai].



Langkah Ke 3

Pengaturan pada Possel Android,
1. Pastikan Bluetooth pada ponsel dalam keadaan off [matikan terlebih dahulu].
2. Buka Aplikasi Sixasis tool [pada ponsel].
3. Pilih Star pada aplikasi.
4. Nyalakan [on] Joystick PS3 tanpa kabel. [Lihat indikator lampu, jika terkoneksi maka akan menyala pada angka 1].
5. selesai, Kalian bisa mencobanya dengan menekan beberapa tombol.




Setelah Terkoneksi, sobat tinggal setting pengaturan tombol joystick sesuai kebutuhan. Apakah akan bermaian PSP emulator, Emulator Game Clasik, Mobilejen Pabji dll. Inilah Kelebihan menggunakan Sixasis controller yang bisa untuk permainan game online. Berbeda dengan cara koneksi Joytstik menggunakan kabel yang hanya bisa memainkan permainan Game Emulator saja. [ Setting untuk Game Online Akan dibahas pada kesempatan yang akan datang]...

TERIMAKSIH, SELAMAT MENCOBA.....

Wassalamu'alaikum wr. wb.




Tinggalkan saran dan komentar untuk perkembangan blog ini. Kami hanya berbagi pengalaman untuk pembaca blog ini untuk menjadikan inpirasi dan semoga dapat membantu dalam memperbaiki masalah smartphone ataupun laptop sobat. Kami tidak menanggung jika terjadi kesalahan yang mungkin disebabkan beberapa faktor baik sengaja, tidak sengaja atau kelalaian dan kurang ketelitian sendiri. Kami tunggu komentar sobat jika berhasil / gagal dalam tutorial atau file dalam blog ini, untuk didiskusikan sehingga bisa menambah pengalaman dan pengetahuan para pembaca blog ini.


Didalam diskusi ini mungkin bisa membantu dan melengkapi solusi dan permasalahan yang di hadapi sobat sobat pengguna ponsel, laptop, printer atau yang lainnya, untuk itu baca pada kolum komentar hingga selesai untun mendapatkan informasi lebih lanjut.


Jangan lupa Like, share, subscribe Chanel youtube kami pada bar sebelah kiri. Terimakasih, semoga bermanfaat.











Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama