Mobil REMOTE RC menggunakan IC TX2b dan RX2B




MOBIL RC menggunakan IC TX2B dan RX2B




IC TX2B dan IC RX2B adalah sepasang integrated circuit (IC) yang sering digunakan dalam aplikasi nirkabel, terutama dalam rangkaian remote control atau kendali jarak jauh.

IC TX2B (transmitter) dan IC RX2B (receiver) biasanya bekerja bersama untuk mentransmisikan sinyal dari perangkat pengirim (transmitter) ke perangkat penerima (receiver) dalam sistem nirkabel. Mereka menggunakan frekuensi radio tertentu untuk mengirimkan sinyal kontrol, misalnya dalam remote kendali untuk peralatan elektronik, sistem keamanan, atau aplikasi lain yang membutuhkan komunikasi jarak jauh.







IC TX2B: Integrated circuit transmitter (pengirim) ini bertanggung jawab untuk mengubah sinyal kontrol dari perangkat ke dalam sinyal radio yang akan ditransmisikan ke receiver. Ini sering diintegrasikan dalam remote control atau perangkat pengirim sinyal jarak jauh lainnya.
IC RX2B: Integrated circuit receiver (penerima) menerima sinyal radio yang ditransmisikan oleh pengirim (transmitter) dan kemudian mendekode informasi yang diirimkan. IC RX2B ini sering digunakan dalam peralatan elektronik atau sistem yang memerlukan penerimaan sinyal dari remote control atau perangkat pengirim lainnya.
Kedua IC ini sering digunakan dalam aplikasi nirkabel sederhana karena kemudahan penggunaannya dalam mentransmisikan dan menerima sinyal kontrol jarak jauh. Namun, penggunaan dan implementasi khususnya dapat bervariasi tergantung pada desain sistem atau aplikasi spesifik yang ingin digunakan.

berikut ini skematik sederhananya,






  • untuk memodivikasinya kalian bisa menggunakan modul RF 433MHz sebagai pengganti koneksi infra red.
  • untuk menjalankan motor dc 5v kalian bisa menambahkan ic L293D atau modul ic bridge driver motor DC.





MODULE RF 433Mhz



Kalianan bisa menambahkan dengan beberapa modul untuk membuat sebuah karya yang di inginkan sesuai kreativitas kalian. Ini adalah sedikit ulasan tentang ic transmiter dan reciver TX2B/RX2B yang sederhan sebagai sarana pembelajaran tentang elektronika. Dan untuk selengkapnya kalian bisa tonton videonya hingga selesai, jangan lupa subscribe, like, sharea dan komen chanel teknisi amatir tegal serta follow blogspot kami supaya berkembang dan bisa memberikan tema yang menarik lagi untuk kalian semua.

Terimakasih sudah bergambung, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Salam Teknisi Amatir Tegal......

source :
@teknisiamatirtegal (youtube Chanel)









Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama